MOHON MAAF BLOG MASIH DALAM PROSES
Klik download contoh belajar Access

Pengenalan Database

Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri dari satu table atau lebih yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. dimana anda memiliki wewenang untuk mengakses data tersebut, baik menambah, mengganti, mengurangi, menghapus dan mengedit data dalam table-table tersebut.
Data-data tersebut disimpan dalam sebuah file dengan ekstensi .accdb (Access Database).

Berbeda dengan materi microsoft lainnya, dalam pengoprasiannya microsof access hanya mampu untuk mengolah satu file database.

Tabel merupakan tempat data yang telah diolah dan mempunyai satu tema tertentu, misalnya data siswa, data pegawai dan sebagainya.

Table tersebut terdiri dari beberapa bagian diantaranya;

1. Field merupakan tempat data atau informasi dalam kelompok sejenis yang dimasukan atau diinfut pada kolom table.

2. Record merupakan kumpulan dari beberapa field yang saling berhubungan tersimpan dalam bentuk baris pada table. Satu table bisa terdiri dari beberapa record sekaligus.

3. Query adalah objek database yang berfungsi untuk menampilkan, menyunting dan menganalisis suatu data dengan cara lain.

4. Form adalah objek database yang digunakan untuk membuat kontrol-kontrol atau perintah untuk proses pemasukan data, memeriksa, memperbaharui, mengganti atau menghapusnya.

5. Report adalah objek yang digunakan untuk menampilkan data yang telah diformat sesuai dengan ketentuan yang diinginkan dan yang pernah diberikannya.

6. Macro adalah rangkaian perintah yang dapat disimpan dan dijalankan otomatis, misalnya membuka form, mencetak report dan yang lainnya.

7. Module adalah program-program yang ditulis dengan program access basic.

Entri Populer